Selasa, 27 Desember 2011

Sahabat Sejati Sampai Ke Syurga Nanti, InsyaAllah ^_^

Alloh menjanjikan kepada dua orang sahabat yang saling mencintai karena Alloh dengan Naungan pada Hari pembalasan, yang tidak ada naungan kecuali naunganNya.


Kita semua pasti memiliki sahabat sejati, apakah ia teman semasa SMP, SMA, teman semasa kita ta'lim di pondok atau teman kuliah yang sampai sekarang tetap menjadi sahabat terbaik dan curahan hati kita ^_^ Meskipun jarak memisahkan......


Nah...Sekarang bagaimana caranya menumbuhkan rasa cinta tulus itu dan bagaimana pula cara memupuknya agar terus bersemi Indah ^_^ agar cinta yang tumbuh itu adalah cinta murni Hanya karena Alloh dan Untuk Alloh.


Tidak usah jauh-jauh mencari resepnya Akhi wa Ukhti Fillah :) karena Resepnya Sudah Ada pada Hadis Rasululloh tercinta, Berikut --- 8 Resep--- yang sangat Ampuh untuk menumbuhkan Rasa cinta dan sayang itu karena Alloh.........


-1- Doakan Ia Selalu.

Rasulullah Besabda: " Doa yang terbaik adalah Doamu untuk saudaramu sedangkan ia tidak mengetahuinya."

Dengan saling mendoakan akan menumbuhkan ketulusan persahabatan dan persaudaraan dan bisa menjauhkan kita dari Iri, Hasad dan dengki serta persahabatn kita semakin Tulus karena Alloh.


-2- Bantu Ringankan Bebannya

Rasulullah Besabda: "Barangsiapa yang meringankan beban saudaranya maka Alloh akan meringankan bebannya didunia dan Akhirat...."

Jika sahabat kita mengalami masalah, kita usahakan untuk membantunya sebisa kita, meskipun tidak mungkin kita membantu sampai selesai masalahanya, namun setidaknya kita bisa meringankan bebannya. Dengan perhatian yang kita berikan padanya.


-3- Saling menghadiahi

Rasulullah Besabda: Tahaadduu tahaabbuu .... "Saling menghadiahilah kalian, maka akan tumbuh rasa cinta dan kasih sayang

diantara kalian...." Jadi tidak ada salahnya jika kita sering2 mengasih hadiah kpd sahabat baik kita, tdk harus mahal akhi, buku La Tahzan (Promosi :) atau CD Harun Yahya (promosi lagi) ^_^ mungkin bisa menjadi salah satu hadiah terbaik.


-4- Menutupi Aibnya dan Menjaga Nama baiknya.

Sahabat yang baik akan berusaha menutupi kekurangan dan aib sahabatnya, karena tentu tdk ada seorang pun yang mau aibnya diketahui semua orang. Rasululloh bersabda : Barang siapa menutupi Aib saudaranya, maka Alloh akan menutupi aibnya didunia dan Akhirat.." Subhanalloh.

Dan sahabat yang baik akan berusaha membela nama baik sahabatnya ketika orang-orang menjelek-jelekkanya sedang ia tidak ada disana. Karena Kehormatan saudaranya Adalah kehormatannya juga,ia tidak akan rela kehormatan saudaranya di injak-injak dihadapannya, ia akan membela nama baik sahabatnya namun tetap dengan akhlak yang baik juga, dan itu dilakukannya hanya karena mencari Rido Alloh.


-5- Membina tali silaturahim dengannya

Rasulullah bersabda : "Sambunglah tali silaturahim", bahkan surga tidak mau menerima orang yang memutuskan tali silaturahim dengan saudaranya, Rasululloh juga bersabda : Tidak masuk syurga siapa-siapa yang memutuskan tali silaturahim.

Begitu besar manfaat silaturahim ini,seperti yang telah Rasululloh Sabdakan, diantaranya memperbanyak Rizki dan memperpanjang Umur, dalam artian umur kita penuh berkah karena doa dari saudara-saudara kita yang selalu kita jalin silaturahim dengannya.


-6- Berikan ia senyuman terbaikmu

Rasululloh Besabda: " Senyummu dihadapan saudaramu adalah Shodaqoh". Senyum tulus menandakan kebahagiaan, Optimisme dan semangat menghadapi hidup, dan itu semua bisa menulari siapapun yang dihadapan kita, mungkin uang kita tidak selalu

punya, namun senyuman kapanpun bisa kita berikan, jadi jangan pelit : ) untuk memberikan senyuman terbaik untuk sahabat yang engkau cintai Karena Alloh.


-7- Mengingatkan jika sahabat kita sedang Khilaf dan memaafkan jika Ia melakukan kesalahan.

No bodys perfect, itulah kata-kaa yang tepat untuk kita semua tanpa terkecuali, Sebaik apapun sahabat kita, pasti suatu saat ia akan melakukan kesalahan. sebagai sahabat kita harus mengingatkannya namun dengan cara-cara yang baik dan berdasar atas kasih sayang, bukan untuk menghakimi tapi untuk memberi pengertian kepadanya akan kekeliruan yang telah dialakukan. Tentu kita semua pernah melakukan kesalahan, Apa yang kita inginkan jika kita melakukan kesalahan..?? pati kita ingin agar orang lain memaafkan kesalahan kita, demikian juga orang lain, mereka ingin agar kesalahannya kita maafkan.

Memang tidak mudah memaafkan kesalahan orang lain, apalagi jelas-jelas dilakukan dengan kesengajaan, dibutuhkan kebesaran jiwa dan kelapangan dada, karena itulah Alloh sangat menyukai orang-orang yang berjiwa pemaaf.


Ya Alloh jadikanlah kami Hambamu yang memiliki Jiwa besar untuk memaafkan kesalahan saudara-saudara kami baik sengaja ataupun tidak, dan berilah kekuatan kpd kami untuk menyadarkan kekeliruannya secara bijak dan tulus karenaMu, Amin.


-8- Bertemu dan berpisah Hanya Karena Alloh

Alloh sangat mencintai Seorang hamba yang jauh-jauh datang ke rumah saudaranya hanya untuk menjumpai saudaranya karena Alloh, bukan karena kepentingan duniawi semata. Mereka bertemu dan berpisah karena Alloh. Sungguh persahabatan yang dirindu syurga......


(By fatum, Hamba Alloh Yang merindu Indahnya Ukhuwah Islamiyah meski dalam perbedaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar